Kamis, 05 September 2013

Manfaat Wortel





Mari kita membahas Wortel dan manfaat wortel Wortel umumnya bewarna kuning, atau agak orange kemerahan ini menandakan ia juga kaya akan betakaroten, yang tak hanya baik untuk mata tetapi juga baik untuk kulit. Nah, saking hebatnya si wortel ini, sangat dianjurkan untuk menambahkan wortel dalam konsumsi harian.Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa wortel memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan,Wortel yang kaya betakaroten serta vitmain C yang cukup tinggi membuatnya memiliki sifat antioksidan tinggi. Wortel juga mengandung asam folat, kalsium, mangan, fosfor, kromium, zat besi, seng, serta tentu saja serat. Kandungan gizi dalam 100 gram wortel
    Kalsium 39 mg
    Vitamin B1 0,06 mg
    Citamin C 6 mg
    Air 88,2 g
    Energi 42 kal

    Fosfor 37 mg
    Zat Besi 0,8 mg
    Vitamin A 12.000 IU
    Protein 1,2 g
    Lemak 0,3 g
    Karbohidrat 9,3 g
    Serat 0,9 g
- Mengatasi problem pencernaan
Nenek moyang memanfaatkan wortel untuk mengobati diare secara alami. Kabarnya, wortel dapat mencegah perkembangan bakteri sehingga proses penyembuhan diare bisa berlangsung lebih cepat. Karena mengandung potassium, sodium, sulfur, magnesium dan fosfor, wortel juga dapat mengatasi problem pencernaan. Sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan perut tidak sembelit.
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa wortel memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.- Mengecilkan resiko stroke
Dilansir oleh spotonthelist, wortel membantu mengurangi resiko serangan stroke. Mereka yang setiap harinya rajin mengonsumsi wortel, 68% punya kesempatan terjauh dari stroke. Kalau tidak bisa rutin mengonsumsi setiap hari Anda juga disarankan bisa mengonsumsi 5 buah saja sudah cukup dalam seminggu.
- Menjaga kesehatan gigi
Kalau untuk gigi lebih baik dikunyah mentah-mentah, karena para ilmuwan mengatakan mengunyah mentah-mentah wortel akan menghilangkan plak dari gigi, dan juga sisi makanan yang ada gigi. Selain itu wortel juga bisa mencegah pendarahan pada gusi dan memelihara gigi agar tetap sehat dan kuat.
- Bekerja sebagai antiseptik
Sudah sejak jaman dulu dipercaya wortel dapat menjadi antiseptik yang baik untuk mencegah infeksi pada kulit. Cara termudah adalah dengan mengaplikasikannya pada luka dan membalutnya hingga kering.
- Mempercantik kulit
Sudah disebutkan di atas kan kalau wortel ini ampuh untuk merawat kulit. Keampuhannya termasuk menjaga dan merawat kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin A dalam wortel dapat mengusir pigmentasi atau noda hitam pada kulit.
Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan salam sehat.