Senin, 02 September 2013

Berat Badan Ideal

Terlalu gemuk atau terlalu kurus adalah tidak sehat, bila anda ingin menjadi orang yang sehat anda harus memperhatikan berat badan anda juga. berat badan juga berperan penting dalam kesehatan manusia.

silahkan anda ukur berat badan anda di alat pengukur berat badan dibawah ini :



Nah jika anda sudah mengukur apa hasil yang anda peroleh?
jika anda terlalu kurus silahkan anda tambah berat badan anda dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi yang mengandung protein yang cukup banyak.
saran saya anda jangan mengkonsumsi obat-obatan penggemuk badan karena apabila anda mengkonsumsinya anda kemungkinan akan ada efek sampingnya, mending anda minum jamu alami yang bisa anda buat dengan cara yang benar.

jika anda mempunyai badan yang terlalu gemuk silahkan anda olahraga yang teratur dan dietlah tapi jangan sampai keterlaluan karena diet yang baik tidak menyiksa diri.
saran saya makanlah dengan sayur yang bisa membantu anda menghilankan lemak dalm tubuh anda contoh : 
1. Tauge
Tauge (tokolan dalam bahasa jawa) ini Mengandung fosfor, zat besi dan banyak cairan. Ini dapat mencegah terbentuknya lemak di bawah kulit anda.
2. Pepaya 
Pepaya (kates dalam bahasa jawa) tidak hanya menawarkan rasa yang lezat dan warna yang diterangi matahari, tetapi merupakan sumber yang kaya nutrisi antioksidan seperti karoten, vitamin C dan flavonoid; vitamin B, asam folat dan pantotenat, dan mineral, kalium dan magnesium, dan serat. Bersama-sama, memberitkan kesehatan sistem kardiovaskular dan juga memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar. Selain itu, pepaya mengandung enzim pencernaan, papain, yang digunakan seperti bromelain, enzim serupa yang ditemukan pada nanas, untuk mengobati cedera olahraga, penyebab lain trauma, dan alergi. Membantu mengurangi kelebihan cairan dan gas yang tersimpan di dalam tubuh dan beri-beri. Juga memperbaiki persendian.
3.  Rebung
Jangan sepelekan Rebung atau bambu muda karena makanan ini rendah lemak dan gula namun tinggi serat, rebung baik untuk mencegah konstipasi. Akan tetapi orang yang menderita ulkus (luka) perut harus membatasi asupan rebung. Tunas bambu muda yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan adalah yang baru berusia kurang dari dua bulan. Lebih dari itu, tunas sudah mengeras dan menjadi bambu. Rebung biasanya muncul di lapisan bawah dari rumpun bambu dan berupa kerucut yang berlapis-lapis. Menurut Amelinda Angela, STP, peneliti dari Nutrifood Research Centre, dalam satu cangkir irisan rebung hanya mengandung 14 kalori dan sepertiga lemak. Dalam porsi yang sama justru mengandung 1,2 gram serat. Setara dengan setengah porsi nasi merah. Serat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pelancar pencernaan dan bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit kardiovaskular. Seperti penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung koroner, serta kolesterol berlebih. Menurut Amelinda, rebung juga diperkaya oleh kandungan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, seng, kromium dan zat besi. Dalam satu cangkir irisan rebung mengandung 640 mg kalium. ”1,5 kali lebih banyak dari yang terkandung dalam pisang dan setara dengan 14 persen kebutuhan kalium Anda,” katanya. Kalium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menggerakkan otot, menjaga tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. ”Karena itu kekungan kalium bisa menyebabkan nyeri sendi dan otot.” Rebung mengandung banyak vitamin. Seperti vitamin A, B6, dan E. Makanan ini juga mengandung 17 asam amino protein. :Karena itu rebung bersifat sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas. Cara Memasak :Kupas rebung yang baru dipotong dari akarnya. Trebus selama 20 menit untuk menghilangkan rasa pahit. Menurut penelitian di Cina, untuk tidak menghilangkan kandungan gizi yang terdapat dalam rebung, maka memasak rebung yang baik adalah dengan menumisnya. gampang kan?

Kalo berat badan anda sudah ideal sebaiknya anda tetap menjaga pola makan anda agar anda tetap sehat.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan salam sehat.